Thursday, July 11, 2013

My first shaum in Germany..

Hmm, gimana ya ceritanya, biar tidak terdengar seperti mengeluh dan terasa menyedihkan.. :p walopun sejujurnya memang sangat berbeda rasanya dengan puasa di Indonesia yang ramai dan menyenangkan. Ramai karena hampir semua penduduknya berpuasa, acara TV semarak denga tema Ramadhan, Adzan di masjid dan TV bersahutan saat maghrib datang, jajanan ta'jil yang beraneka ragam, acara buka puasa yang berantrian datang, kirim2 menu buka puasa dengan tetangga, fiuh, kangen rasanya.. 

But hey ini baru hari ketiga, hayo semangaaaaaat....!!

Jadi begini ceritanya, pertama waktu, kalo di Indonesia dari tahun ke tahun kita akan berpuasa dalam waktu yang relatif sama, berbeda dengan di Jerman. Di Jerman kita berpuasa tergantung bulan Ramadhan nya bertepatan dengan musim apa, musim duren kah, musim rambutan kah-eh ini mah musim di Indonesia- maksudnya apa di musim dingin atau di musim panas, karena waktunya sangat jauh berbeda... Beruntung lah saya puasa pertama kali di Jerman saat musim panas, subuh jam 3 pagi dan mahgrib jam 10 malem, lumayan cuma 19 jam aja-sambil megang perut *krucuk kruck*- Ambil saja hikmahnya, kita cukup buat 1 menu untuk buka puasa dan sahur ;p


Kedua, kalo di Indonesia ada yang bangunin kita sahur -kebetulan rumah saya di Depok deket sama masjid- dan sahur di temani acara TV, nah kalau disini kita hanya berpatokan pada jadwal dan jam yang ada dirumah. Buka ya buka aja sendiri, sahur ya sahur aja sendiri. Kecuali kalau kita buka puasa di masjid, alhamdulillah flat kita dekat sama masjid Turki. Hampir setiap hari suami tarawih disana, saya bukannya ga mau ikut, tapi rasanya agak creepy jam 11 malem keluar rumah. Kemaren di ajak buka bersama di masjid itu, tapi karena kami habis pergi seharian ngurus perpanjangan visa, badan terasa lemas dan tak bertulan-lebay- Kalau ada kesempatan lagi pengen sih nyobain buka disana, biar berasa lagi puasa Ramadhan, puasanya umat muslim.

Ketiga, kalau di Indonesia yang terasa saat puasa haus, minuman2 dingin segar terasa menggiurkan, di Jerman saya tidak merasakan haus, tapi lapeeeer... Karena suhu disini walaupun musim panas, tapi anginnya bikin badan harus bekerja keras menghangatkan tubuh, walhasil ya begitulah... Hampir 2 minggu saya di sini terasa panas cuma beberapa hari, ada satu hari seharian hujan dan hari lainnya berkisar 17-20 derajat. Denger2 di Jakarta dan sekitarnya juga lagi sering ujan, ya bersyukurlah paling tidak ga berasa tertalu haus.

Ya begitulah kira2 ceritanya, oiya buat informasi aja foto ini diambil saat buka puasa hari kedua, anak2 ini sudah bersiap pengen ikutan buka puasa di masjid, karena saya kurang sehat maka rencana itu dibatalkan dan kami buka puasa aga rame bersama 2 bocah yang saking pengennya buka puasa bareng mereka tetep semangat melek sampe jam 11 malem.

Bagaimanapun situasi kita di bulan Ramadhan ini; semoga kita tidak surut dalam berlomba2 meraih taqwa sampai akhir nanti dan kembali suci saat Idul Fitri. Aamiin...

No comments:

Post a Comment

Tweet
Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Rainbow